Perpustakaan UIN Syahada bagi hadiah di Hari Kunjung Perpustakaan

Rabu (15/9/2022) Bulan September merupakan bulan yang istimewa bagi Perpustakaan karena di bulan tersebut terdapat Hari Kunjung Perpustakaan. Pasalnya, untuk menyebarkan budaya membaca masyarakat, Kepala Perpustakaan Nasional RI melalui surat nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995 kepada Presiden RI Soeharto mengusulkan untuk menetapkan hari kunjung perpustakaan pada tanggal 14 September 1995. Presiden pada masa itu berharap agar aktivis intelektual berperan aktif menyebarkan budaya membaca generasi bangsa Indonesia.

Dalam rangka menyahuti Hari Kunjung Perpustakaan, beberapa perpustakaan di Indonesia memiliki cara dan keunikannya untuk memperingati hari tersebut. Demikian pula Perpustakaan UIN Syahada Padangsidimpuan, menggalakkan minat baca dan kunjungan perpustakaan dengan memberikan hadiah sebagai apresiasi bagi anggota perpustakaan yang aktif berkunjung dan membaca.

Adapun pemberian hadiah kepada anggota perpustakaan berdasarkan kategori berikut:

  1. Pengunjung Teraktif tahun 2021-2022, dimenangkan oleh Padillah Riski Harahap, mahasiswi Prodi Tadris Matematika;
  2. Peminjam Buku Terbanyak (koleksi cetak) tahun 2021-2022, dimenangkan oleh Samsi Anah, mahasiswi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam;
  3. Peminjam Buku Terbanyak (ebook pada aplikasi e-Pustaka), dimenangkan oleh Siti Namora Hasibuan, mahasiswi Prodi Perbankan Syariah.

Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Yusri Fahmi, S.Ag., S.S., M.Hum. (Kepala UPT Pusat Perpustakaan) didampingi oleh pemandu acara Aflah Indra Pulungan,S.E. (Koordinator Bidang Administrasi dan Keanggotaan) kepada para pemenang di lantai 2 gedung perpustakaan. Dari 3 (tiga) orang pemenang, tersisa 1 (satu) orang lagi yang belum mengambil hadiah. Mahasiswa tersebut sudah dikonfirmasi oleh Koordinator Bidang Administrasi dan akan ke perpustakaan mengambil hadiah dalam waktu dekat.

Selain itu, Perpustakaan UIN Syahada Padangsidimpuan juga mengadakan undian kepada para pengunjung yang berhadir tanggal 14 dan 15 September 2022 untuk menambah kemeriahan Hari Kunjung Perpustakaan. Pencabutan kertas undian dilaksanakan pada hari Kamis (15/9/2022) pukul 11.30 WIB di lantai 2 Gedung Perpustakaan. Pencabutan kertas undian disaksikan langsung oleh para pengunjung dan beberapa staf perpustakaan. Turut membersamai kegiatan tersebut Muhammad Ihsan Ritonga, S.Sos. (Koordinator Bidang Layanan Pemustaka), Ahmad Kamal Siregar, S.Sos., Diva Rahmadani, S.Sos. dan Fatimah Adzahro RG, S.S.I. (Staf Bidang Layanan Teknis). Setelah melalui beberapa “drama” untuk menghibur suasana saat pencabutan kertas undian, akhirnya didapati 4 (empat) orang pemenang.

Para pemenang yang beruntung memperoleh hadiah menarik tersebut yaitu:

  1. Danda Gunawan Pardede, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam;
  2. Yanti Romaito Harahap, mahasiswi Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir;
  3. Yuni Annisa Hafni, mahasiswi Prodi Tadris Bahasa Inggris;
  4. Erpi Dasrina Parinduri, mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah.

Kegiatan ditutup setelah berlangsung sekitar 30 menit. Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang berlangsung singkat agar pengunjung perpustakaan dapat melanjutkan aktivitasnya kembali.

Scroll to Top