Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan adakan Workshop Literasi Informasi Online untuk mahasiswa

Senin (22/03/2021) UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan mengadakan workshop literasi informasi online di Aula Perpustakaan Lantai 3. Workshop literasi informasi online ini diikuti oleh 100 mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dari seluruh fakultas dan jurusan yang ada. Workshop literasi informasi online ini menghadirkan 2 narasumber secara virtual, yaitu Bapak Dr. Taufik A. Ghani, S.Kom, M.Eng. Sc. yang merupakan kepala UPT Percetakan dan Penerbitan Univeristas Syiah Kuala dan Bapak Andi Saputra, S.Kom, M.Kom. yang merupakan Pustakawan Madya UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menelusur informasi secara online.

Dalam sambutannnya Bapak Yusri Fahmi, S.Ag., SS. M.Hum mengatakan “informasi yang diberikan oleh kedua narasumber akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa termasuk dalam penelusuran informasi yang tidak hanya bergantung pada buku yang ada di perpustakaan saja, jauh lebih luas yang tersedia secara online, tetapi permasalahannya adalah bagaimana kita mendapatkan informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam menyelesaikan studi? Sehingga kita perlu melakukan kegiatan ini.”

Workshop literasi informasi online ini juga dibuka secara virtual oleh Bapak  Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL selaku rektor IAIN Padangsididmpuan. Pada sambutannya beliau berharap dengan adanya kegiatan workshop literasi informasi online ini maka pihak perpustakaan sebagai sumber berlajar dapat menggali ilmu dari kedua narasumber untuk dapat meng-upgrade yang terkait dengan perpustakaan digital.

Workshop literasi informasi online ini diadakan 2 sesi. Sesi 1 diisi oleh Bapak Bapak Dr. Taufik A. Ghani, S.Kom, M.Eng. Sc. yang mengatakan bahwa literasi informasi merupakan hal yang sangat penting sebagai skill untuk berkehidupan dengan perkembangan teknologi informasi yang ada, sehingga kita mampu mencari, menelusur dan menggunakan informasi sesuai dengan etika yang berlaku.

Berikutnya pada sesi 2 diisi oleh Bapak Andi Saputra, S.Kom, M.Kom. yang pada kalimat penutpnya mengatakan bahwasanya “Sebagai mahasiswa mulai dari menulis hingga berbicara harus memiliki referensi yang jelas, karena kita yang nantinya akan mendidik masyarakat bagaimana cara berbicara sesuai dengan rujukan yang jelas dan terpercaya, begitu pula dalam penulisan tugas kuliah dan karya akhir, dengan terbukanya akses informasi saat ini memberikan kesempatan kepada kita untuk menjadi generasi  yang literate.”

Banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh peserta saat kegiatan workshop literasi infromasi online ini belangsung, menunjukkan antusiasme dan keingintahuan yang sangat luar biasa dari para peserta yang hadir.

Scroll to Top