Mencari Format Guru Ideal

Pendahuluan Paradigma pembelajaran yang berkualitas sangat ditentukan oleh guru yang professional, jika guru professional maka pendidikan kitapun bisa gemilang dan anak bangsa inipun akan menjadi bangsa yang cerdas, memiliki ilmu pengetahuan, disiplin,  bertanggungjawab dan berkepribadian yang mantap. Oleh karena itu Usaha untuk menciptakan dan mengangkat professionalisme gurupun oleh pemerintah menggagas trobasan-trobosan baru dengan tujuan untuk […]

Mencari Format Guru Ideal Read More »

Pendidikan Nasional “di Persimpangan Jalan”

Pendahuluan. Salah satu agenda besar negara Republik Indonesia (RI) adalah menciptakan rakyat cerdas, cemerlang dan sejahtera, tujuan ini termaktub jelas di dalam pembukaan UUD 45 bahwa tujuan kita untuk membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI) ialah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Paradigma tujuan ini cukup bermakna pisikologis yakni bangsa yang cerdas sudah barang tentu secara sistemik aspek

Pendidikan Nasional “di Persimpangan Jalan” Read More »

Audit Informasi dan Audit Pengetahuan

Pendahuluan Apabila kita mendengar atau membaca kata “audit” maka kita dengan spontan mengasosiasikan kata tersebut dengan keuangan tepatnya pemeriksaan keuangan. Tindakan tersebut memang tidak bisa disalahkan karena memang banyak kamus baik secara tersurat maupun tersirat yang menterjemahkan demikian. Misalnya, Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry dalam Kamus Ilmiah Populer mengartikan audit adalah pemeriksaan/pengecekan

Audit Informasi dan Audit Pengetahuan Read More »

Membangun Moralitas Bangsa

Pendahuluan Dalam beberapa tahun ini kita melihat fenomena anak bangsa, mulai dari usia remaja, dewasa  yang bahkan orangtua cenderung melakukan perbuatan aksi social yang menyimpang, aktivitas yang dilakukan terkesan bebas nilai, mulai dari politisi, penegak hukum, legeslatif, eksekutif, tenaga pendidik orangtua, sampai kepada kehidupan remaja kita tampaknya kalau diamati dari berita media, baik media elektronik

Membangun Moralitas Bangsa Read More »

Scroll to Top